Pages

5 Tips Sederhana untuk Membuat Oatmeal Lebih Nikmat

Monday, January 18, 2016


Oatmeal adalah menu sarapan ideal yang diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan. Dan untuk dapat menikmati oatmeal setiap hari, maka Anda harus bisa memasak oatmeal seenak dan selezat mungkin. Berikut ini adalah 5 tips sederhana yang dapat membuat oatmeal terasa lebih nikmat:
1. Gunakan Steel-Cut Oatmeal. Dibandingkan quick oatmeal (oatmeal dalam kemasan yang ada di hampir semua minimarket) ataupun rolled oat (oats setengah hancur), steel-cut oats memang membutuhkan waktu masak lebih lama. Namun demikian oats jenis ini lebih baik karena rasanya lebih nikmat, lebih creamy, dan lebih kenyal. Tambahan lagi, oats ini biasanya murni belum ada bahan tambahan seperti gula dalam quick oats. Menggunakan steel-cut oats memungkinkan Anda untuk mengendalikan seberapa banyak gula yang akan dikonsumsi.
2. Perhatikan rasio oat dan air. Perhatikan instruksi dalam wadah oats mengenai rasio air dan oats yang harus digunakan. Ikuti saran penyajian tersebut untuk menhindari oats yang terlalu lembek atau terlalu lengket. Jika menggunakan steel-cut oats maka perbandingannya adalah 1 cup air untuk 1/4 cup oats. Jika menggunakan quick-oats atau rolled oats maka rasionya menjadi 1 cup air untuk 1/2 cup oats.
3. Jangan hanya menggunakan air, gunakan susu atau jus. Untuk meningkatkan kandungan kalsium dan menambah tekstur oatmeal menjadi lebih creamy, maka gunakan susu sebagai pengganti air dalam membuat bubur oatmeal. Susu yang digunakan biasanya adalah susu rendah lemak atau susu almod. Rasio yang digunakan tetap sama, agar teksturnya tidak berubah.
4. Ciptakan rasa favorit. Bahan tambahan berupa buah, biji-bijian, atau pemanis (madu, gula merah, dll) akan meningkatkan rasa oatmeal. Saya pernah menulis beberapa bahan tambahan untuk oatmeal di sini.
5. Make It Ahead. Setelah berhasil makan oatmeal secara rutin, Anda bisa mebuat sajian oatmeal (oatmeal bowl) sesuai selera. Buatlah resep terbaik versi Anda, dan jangan takut mencoba resep resep baru.


Reference.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS