Pages

Campuran Oatmeal Enak

Tuesday, January 5, 2016


Bagi yang tidak terbiasa, makan oatmeal bisa menjadi momen yang menyiksa. Jangankan menelan, saat oatmeal masuk ke mulut, eneg sudah menyerang perut. Ini saya rasakan juga saat awal-awal mengkonsumsi oatmeal. Tiap kali mau makan oatmeal selalu menghela nafas lalu ingin muntah. 

Beruntungnya, kawan-kawan di kantor juga sedang dalam proses membiasakan diri mengkonsumsi oatmeal. Jadi kami bisa saling berbagi tips untuk bisa menikmati oatmeal tanpa merasa eneg. Berikut adalah beberapa campuran oatmeal yang bisa ditambahkan untuk mengurangi rasa eneg dan hambar tersebut.  

  • Minuman Energi (Energen, Milo, dll)Biasanya saya mencampurkan satu bungkus energen dengan sekitar lima sampai tujuh sendok makan oat. Jika dirasa masih belum bisa mengenyangkan, bisa ditambah beberapa sendok oatmeal lagi. Setelahnya, tinggal ditambahkan air panas lalu diaduk atau dimasak. Campuran ini memang terdengar gross, tapi untuk pemula campuran ini cukup efektif untuk mencegah rasa putus asa mengkonsumsi oat. Secara bertahap kurangi campuran ini atau ganti dengan bahan pangan yang lebih sehat seperti buah. 
  • Apel. Cara menambahkan apel dalam oatmeal pernah saya tulis dalam postingan sarapan sehat: apple 'baked' oatmeal in a mug. Apel menjadi pilihan favorit yang banyak direkomendasikan oleh website makanan untuk dikonsumsi dengan oatmeal. 
  • Madu.Madu biasanya dijadikan sebagai pengganti gula. Dengan menambahkan madu, oatmeal menjadi lebih manis dan edible. Selain itu, madu diyakini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, sehingga dapat membuat oatmeal makin terasa 'sehat'. 
  • Kacang-kacangan (almond, raisin, walnut, dll). Campuran kacang memberikan tekstur renyah pada oatmeal sehingga mengurangi rasa eneg saat ditelan. Menurut saya, almond adalah salah satu pilihan kacang paling cocok untuk oatmeal. Almond bisa dicampurkan dalam bentuk utuh, dihancurkan, atau dalam bentuk irisan (slices). 
Masih ada bahan makanan lain yang bisa dicampurkan dalam oatmeal untuk meng-upgrade rasa sekaligus nutrisinya. Selalu arahkan untuk memilih campuran dari bahan bahan segar, terutama buah buahan. Semoga bermanfaat.

Credit foto

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS