Pages

Campuran Oatmeal Enak

Thursday, January 7, 2016

Dalam posting sebelumnya, saya selalu menuliskan kacang-kacangan, buah, dan superfood sebagai bahan tambahan dalam membuat oatmeal. Bahan makanan ini sudah pasti sehat dan memiliki banyak nutrisi. Namun demikian, bahan tambahan ini sering kali tidak cukup membuat oatmeal terasa lebih enak dan tidak hambar. 

Oleh karenanya, sesekali saya menambahkan bahan lain yang lebih "tidak sehat"namun membuat rasa oatmeal jauh lebih enak. Campuran oatmeal enak tapi tidak sehat di sini berarti campuran tersebut memberikan tambahan kalori atau membuat kadar nutrisinya tidak seimbang (misal terlau banyak gula). Berikut adalah beberapa di antaranya.
  • Nutella. Ini adalah bahan andalan karena rasanya yang tidak pernah gagal menghilangkan rasa eneg dan hambar dari oatmeal. Coklat dan kacang hazelnut yang intense memberikan rasa manis dan gurih pada bubur oatmeal. Faktanya, dalam setiap satu sendok makan nutella yang ditambahkan ke dalam bubur oatmeal, terdapat tambahan 100 kalori. Jadi, hati hati yah, jangan terlalu banyak menambahkan nutella ke dalam bubur oatmeal!
  • Ovomaltine. Selai ini tidak jauh berbeda dengan nutella, memberikan rasa manis dan gurih pada bubur oatmeal. Hanya saja, ovomaltine selai (Ovomaltine Crunchy Cream) memberikan tambahan tekstur renyah juga. Dalam sebuah forum saya pernah membaca bahwa 4 sendok Ovomaltine Crunchy Cream terkandung 80 kalori. 
  • Chocochips. Bahan ini pada dasarnya sama dengan ketiga bahan sebelumnya, memberikan rasa manis. Namun karena kesukaan saya terhadap coklat, seringkali saya menambahkan chocochips dalam jumlah berlebih. Hal seperti ini yang harus diwaspadai. Chocochips seharusnya menjadi bahan "minor" bukan mendominasi bubur oatmeal karena nutrisi utama yang ingin kita dapat adalah dari bahan oatnya.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS