Pages

Enam Manfaat Oatmeal yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Sunday, January 10, 2016

Hampir delapan puluh persen orang memiliki oatmeal dalam persediaan makan mereka. Sebagian di antara mereka sudah mengkonsumsinya secara rutin. Dan mungkin kamu adalah salah satu di antaranya. Apakah kamu sudah mengetahui manfaat oatmeal? Berikut ini adalah sepuluh manfaat oatmeal yang mungkin kamu belum ketahui. 
  1. Membantu mengendalikan berat badan. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada Oktober 2009 dengan judul Molecular Nutrition & Food Research, dalam oatmeal terdapat senyawa yang disebut β-glucan. Senyawa ini mengurangi nafsu makan dan meningkatkan hormon yang dapat melawan rasa lapar (cholecystokinin) 
  2. Menurunkan tekanan darah. Penyakit jantung merupakan masalah utama di Amerika dan di seluruh dunia. Salah satu studi menemukan bahwa diet yang mengandung banyak whole-grains (seperti oats dan roti gandum) sama efektifnya dengan pengobatan anti-hipertensi yang biasa digunakan untuk menurunkan tekanan darah 
  3. Mengurangi kolesterol. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang dengan tekanan darah tinggi yang mengkonsumsi 3 g soluble fiber (serat larut) dapat menurunkan kolesterol totalnya dalam rentang 8% - 23%. Dan mengejutkannya, dalam satu cup oats terkandung 4 g soluble fiber. 
  4. Melindungi kulit.Jika kamu memperhatikan label-label yang ada di krim wajah, beberapa di antaranya menggunakan oatmeal sebagai bahan baku. Sejarah menyebutkan bahwa oatmeal sangat baik untuk kulit kering, gatal, dan iritasi. Sari pati oats menciptakan penghalang yang dapat menahan kelembapan kulit, sedangkan kulit oat yang teksturnya lebih kasar dapat berperan sebagai pengelupas yang lembut di kulit. 
  5. Menurunkan risiko kanker usus besar. Kanker usus besar amatlah mengerikan dan menyakitkan. Sebuah studi mempublikasikan bukti bahwa terdapat hubungan antara orang yang menjalankan diet tinggi serat dengan berkurangannya risiko kanker usus besar. Penelitian ini juga menyebutkan bahwa setiap 10 gram penambahan serat dalam diet seseorang akan ada 10% penurunan risiko kanker usus besar. 
  6. Menstabilkan gula darah. Oatmeal mengandung serat larut yang tinggi sehingga gula yang terkandung di dalamnya dapat dirilis secara pelan pelan ke pembuluh darah. Dengan kata lain, oatmeal memili index glikemik yang rendah. 
Referensi

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS