Pages

Overnight Oat

Wednesday, January 6, 2016

Overnight oat merupakan campuran oatmeal, susu, dan buah atau kacang-kacangan yang sudah disimpan semalaman di kulkas. Ini merupakan salah satu cara menikmati oatmeal yang sedang naik daun beberapa waktu belakangan. Overnight oat menawarkan rasa yang berbeda karena biasanya oatmeal dimakan dalam bentuk makanan panas/hangat.

Biasanya overnight oatmeal disimpan dalam toples-mini seukuran selai (jar). Dalam satu jar, oat dan susu dicampur lalu diaduk rata dengan perbandingan 1:1. Kemudian, bahan topping seperti buah, kacang-kacangan, dan superfood ditambahkan ke dalamnya. Lalu, jar tersebut disimpan di kulkas selama kurang lebih 10 jam atau semalaman.

Buah yang dapat digunakan untuk membuat oatmeal antara lain adalah strawberry, pisang, dan apel. Sedangakan kacang-kacangan yang bisa digunakan adalah kacang almond, walnuts, dll. Berbagai superfood seperti chia seeds dan beepolen juga digunakan dalam pembuatan overnight oat. Beberapa resep overnight oat bahkan menggunakan madu, selai, yogurt, dan bubuk coklat sebagai bahan tambahan. 

Karena menggunakan susu segar dan disimpan dalam waktu yang relatif lama, maka toples-mini/jar yang digunakan harus dalam kondisi tertutup rapat atau kedap udara. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada bakteri yang masuk dan tumbuh berkembang di dalamnya.

Berikut ini adalah tanyangan yang bisa memberikan tutorial lengkap dan contoh resep overnight oat. Bahan-bahannya relatif mudah ditemukan dan resepnya sangat sederhana. Selamat sarapan sehat!


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS